Cari di sini...

Senin, 22 Maret 2021

Corak Kebudayaan Dalam Kitab Tafsir Al-Ibriz

 

Judul
الكتاب/Title

Lokalitas Tafsir Di Indonesia : Studi Tentang Corak Kebudayaan Dalam Kitab Tafsir Al-Ibriz

Penulis
المؤلف/Author

Izzul Fahmi 

Editor

 -

Topik

 Tafsir Jawa

Bahasa

 Indonesia

Bentuk

Tesis

Halaman

 108

Dimensi

 -

Penerbit

Pascasarjana UIN Sunan Ampel

Vol./Edisi

 -

Tempat

Surabaya

Tahun

2017

ISBN

 -

Lokasi Stock

 -

Abstrak/Keterangan/Sinopsis

Khazanah penelitian tafsir di Indonesia dari generasi awal kemunculannya hingga generasi akhir-akhir ini memang sangat relevan untuk dikaji lebih dalam lagi. Sehingga banyak sarjana-sarja Islam yang tertarik menjadikannya opbyek penelitian. Hal ini disebabkan karena karya-karya tafsir yang ada di indonesia memiliki karakter tersendiri yang tidak dimiliki oleh karya tafsir di tempat lainnya, seperti pada karya tafsir al-Ibriz karya Bisri Mustofa yang disusun pada tahun 1960. Karya tafsir ini memiliki ciri khas Nusantara yakni dalam penyajian tafsirnya yang menggunakan bahasa Jawa dan beraksara Arab-Pegon dan ciri khas lainnya dari kearifan lokal yang ada di Jawa-Indonesia.

Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Apakah latar belakang penyusunan tafsir al-Ibriz?. 2. Bagaimanakah bentuk lokalitas dalam tafsir a al- Ibriz?. Tujuannya adalah mengetahui latar belakang penyusunan tafsir al-Ibriz dan mengetahui bentuk lokalitasnya. 

Hasil penelitian ini adalah: 1. Latar belakang penyusunan tafsir al-Ibriz adalah tidak ada lain semata-mata beribadah dan mencari ridha Allah SWT. 2. Bentuk lokalitas tafsir al-Ibriz adalah bahasa, istilah-istilah Jawa dan aksara Arab-Pegon yang digunakan dalam penafsirannya, budaya jawa yakni mistisisme, ziya>rah makam awliya’ dan ramuan leluhur jawa.

 

EBOOK DOWNLOAD

 

Id-Library

 0000018-TJ

Full

 Sebagian

Source

 Sumber Terbuka Internet

Download

 Baca/Download PDF

 

DUKUNG DAKWAH QUR’AN
An. Yayasan Qur’an Dampak Positif Global (Anamfal)
Rek. BNI Syariah 780-101-780-0
Konfirmasi Ziswaf/Donasi +628995625137

 

























































Categories

A. Hassan Bangil Agenda AICIS Arab Arab Saudi Artikel Asean Aswaja Bandung Bibliografis Biografi Kitab Tafsir Biografi Mufassir Bisri Mustofa Budaya Buku Buku Hasil Penelitian Buya Hamka Cirebon English Europe Fachruddin Hs Faisal Hilmi Fikih Geografi Globalisasi Hadis Hadis dan Terjemah IAIN Manado IAIN Samarinda IAIN Surakarta Ilmu Tafsir Imam Bukhari Imam Muslim Indonesia Islah Gusmian Islam Indonesia Islam Nusantara Islamic Studies Ismail Lutfi Jurnal Kairo Karya Pengurus dan Anggota PKTQ Kemenag RI Kitab Hadis Kitab Tafsir Arab Kitab Tafsir English Kitab Tafsir Indonesia Kuala Lumpur Lembaga Islam Leopold Weiss Lilik Ummi Kaltsum M. Hasbi ash-Shiddieqy Mafri Amir Makalah Malaya University Manuskrip Quran Melayu Mesir Metode Metodologi Misbah bin Zainul Mustofa Motivasi Quran Mufassir Indonesia Muhamed Asad Multikultural Mushaf AlQuran Mustaffa Abdullah Nashruddin Baidan Nilai Pancasila Pemikiran Pendidikan Peradaban PKTQ Proceeding Profile Programs Quran dan Terjemah Rekomendasi Sains Sejarah Selangor Skripsi Studi Kawasan Surabaya Tafsir Al-Azhar Tafsir Al-Fatihah Tafsir Al-Furqan Tafsir Al-Ibriz Tafsir Al-Iklil Tafsir Al-Misbah Tafsir al-Quranul Majid an-Nur Tafsir Asean Tafsir Asia Tenggara Tafsir Ibadah Tafsir Indonesia Tafsir Jalalain Tafsir Jawa Tafsir Klasik Tafsir Kontemporer Tafsir Malaysia Tafsir Nusantara Tafsir Politik Tafsir Quran Tafsir Sunda Tafsir Thailand Tafsir Tidur Taufikurrahman TDD Teknologi Tesis Thai The Message of The Quran Tradisi UIN Bandung UIN Jakarta UIN Lampung UIN Semarang UIN Surabaya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Universiti Kebangsaan Malaysia Universiti Malaya USA Warisan Zainuddin Hamidy ไทย

PKTQ Central Library - المكتبة المركزية

PKTQ Cirebon
@Pesantren Qur'an Anamfal 
Taman Manis Blok A, No. 3A. Asem, Lemahabang, Cirebon

PKTQ Jakarta
Anamfal Jakarta @Pondok Indah Office Tower 2, Lt. 15 
Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta Selatan

WA CS :  +62899-5625-137 
Email: info.pktq@gmail.com 
Web : pktqlibrary.anamfalpesantren.com
pktq.anamfalpesantren.com

PKTQ Central Library - المكتبة المركزية

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *