Cari di sini...

Minggu, 21 Maret 2021

Pandangan Para Mufassir Indonesia Kontemporer tentang Tawassul

Cover Gambaran


Judul
الكتاب/Title

Pandangan Para Mufassir Indonesia Kontemporer tentang Tawassul

Penulis
المؤلف/Author

Dede Ridwanullah

Editor

 -

Topik

 Tafsir Ibadah

Bahasa

 Indonesia

Bentuk

Skripsi 

Halaman

88 (Total: 105)

Dimensi

Penerbit

IAIN Walisongo

Vol./Edisi

 -

Tempat

Semarang

Tahun

2012 

ISBN

 -

Lokasi Stock

Abstrak/Keterangan/Sinopsis

Pemahaman tawassul sebagaimana yang dipahami oleh umat Islam selama ini, bahwa tawassul adalah berdoa kepada Allah melalui suatu perantara, baik perantara tersebut berupa amal baik kita ataupun melalui orang sholeh yang kita anggap mempunyai posisi lebih dekat kepada Allah Swt. Tawassul di dalam Islam, memang merupakan sesuatu yang diperintahkan oleh Al-Quran, hal ini bisa dirujuk kepada Al-Qur’an surat al-Maidah ayat 35 dan surat al-Isra ayat 57, yang menjelaskan tentang perintah untuk mencari jalan (wasilah) yang bisa mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Tidak pernah ada perselisihan dikalangan umat Islam tentang disyariatkannya tawassul kepada Allah Swt dengan amal sholeh. Maka orang yang berpuasa, mendirikan shalat, membaca al-Qur’an, berarti ia tawassul. Dengan puasanya, shalatnya, baca’an al-Qur’an atau sedekahnya. Bahkan tawassul lebih optimis untuk diterima dan tercapainya tujuan. Dalam hadits disebutkan mengenai tawassulnya Nabi Adam a.s kepada Allah dengan perantara kemuliaan Nabi Muhammad Saw ketika Nabi Adam terlanjur melakukan dosa & memohon kepada Allah dengan perantara kemuliaan Nabi Muhammad untuk mengampuni dosanya. Yang mana ketika itu Nabi Adam melihat pada tiang-tiang Arasy ada tulisan “La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah”. Maka Allah Swt kemudian berkenan dan mengampuni dosanya atas perantara kemuliaan Nabi Muhammad Saw. Masalah yang masih diperselisihkan adalah bertawassul bukan dengan amal orang yang bertawassul itu sendiri. Maksudnya bertawassul dengan benda-benda dan pribadi seseorang.
 
Penulisan skripsi ini menggunakan jenis studi dengan mendasarkan diri pada penelitian kepustakaan (library research) dengan metode kualitatif yang menggunakan data dari sumber-sumber primer maupun sekunder. Yang terhitung sebagai sumber primer adalah karya-karya tafsir mufassir Indonesia kontemporer yakni: Tafsir Al-Azhar karya Haji Abdul Malik Karim Amrullah, Tafsir Al-Ibriz karya KH. A. Bisri Mustofa, dan Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an karya Dr. M. Quraish Shihab, MA. Kemudian dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis-isi (content-analisys) yaitu analisis terhadap makna dan kandungan yang ada pada keseluruhan teks. Metode komparatif juga dipakai untuk menganalisis data, yakni berusaha membandingkan berbagai penafsiran dari para mufassir untuk mengungkap segi-segi tertentu di dalamnya. Di samping itu, pendekatan kesejarahan juga dipakai untuk memperdalam analisis, Karena dari tinjauan sejarah ini akan dapat diungkap aspek-aspek sosio-historis yang melingkupi kitab-kitab tafsir tersebut.

Skripsi penulis yang berjudul Pandangan Para Mufassir Kontemporer Indonesia Tentang Tawassul, bertujuan untuk mengetahui penafsiran/pandangan mufassir Indonesia tentang tawasul, yakni menyangkut penafsiran mereka terhadap surat al-Maidah [05] ayat 35 dan surat al-Isra [17] ayat 57. Dalam skripsi ini dijelaskan mengenai ayat-ayat tawassul, pembahasan ini dikaji melalui pemikiran para mufassir kontemporer mengenai tawassul. Dalam pandangan mereka tawassul diperbolehkan namun kesemuanya haruslah yang dibenarkan oleh-Nya, dan selama tidak  menimbulkan kemusyrikan yang mengakibatkan terjerumusnya kedalam jurang kemusyrikan. Sebab pada hakikatnya, yang Maha Memberi hanyalah Allah Swt semata.

 

EBOOK DOWNLOAD

 

Id-Library

 0000007-TI 

Full

 Ya

Source

 Sumber Terbuka Internet

Download

 Download PDF

 

DUKUNG DAKWAH QUR’AN
An. Yayasan Qur’an Dampak Positif Global (Anamfal)
Rek. BNI Syariah 780-101-780-0
Konfirmasi Ziswaf/Donasi +628995625137

 























































































Categories

A. Hassan Bangil Agenda AICIS Arab Arab Saudi Artikel Asean Aswaja Bandung Bibliografis Biografi Kitab Tafsir Biografi Mufassir Bisri Mustofa Budaya Buku Buku Hasil Penelitian Buya Hamka Cirebon English Europe Fachruddin Hs Faisal Hilmi Fikih Geografi Globalisasi Hadis Hadis dan Terjemah IAIN Manado IAIN Samarinda IAIN Surakarta Ilmu Tafsir Imam Bukhari Imam Muslim Indonesia Islah Gusmian Islam Indonesia Islam Nusantara Islamic Studies Ismail Lutfi Jurnal Kairo Karya Pengurus dan Anggota PKTQ Kemenag RI Kitab Hadis Kitab Tafsir Arab Kitab Tafsir English Kitab Tafsir Indonesia Kuala Lumpur Lembaga Islam Leopold Weiss Lilik Ummi Kaltsum M. Hasbi ash-Shiddieqy Mafri Amir Makalah Malaya University Manuskrip Quran Melayu Mesir Metode Metodologi Misbah bin Zainul Mustofa Motivasi Quran Mufassir Indonesia Muhamed Asad Multikultural Mushaf AlQuran Mustaffa Abdullah Nashruddin Baidan Nilai Pancasila Pemikiran Pendidikan Peradaban PKTQ Proceeding Profile Programs Quran dan Terjemah Rekomendasi Sains Sejarah Selangor Skripsi Studi Kawasan Surabaya Tafsir Al-Azhar Tafsir Al-Fatihah Tafsir Al-Furqan Tafsir Al-Ibriz Tafsir Al-Iklil Tafsir Al-Misbah Tafsir al-Quranul Majid an-Nur Tafsir Asean Tafsir Asia Tenggara Tafsir Ibadah Tafsir Indonesia Tafsir Jalalain Tafsir Jawa Tafsir Klasik Tafsir Kontemporer Tafsir Malaysia Tafsir Nusantara Tafsir Politik Tafsir Quran Tafsir Sunda Tafsir Thailand Tafsir Tidur Taufikurrahman TDD Teknologi Tesis Thai The Message of The Quran Tradisi UIN Bandung UIN Jakarta UIN Lampung UIN Semarang UIN Surabaya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Universiti Kebangsaan Malaysia Universiti Malaya USA Warisan Zainuddin Hamidy ไทย

PKTQ Central Library - المكتبة المركزية

PKTQ Cirebon
@Pesantren Qur'an Anamfal 
Taman Manis Blok A, No. 3A. Asem, Lemahabang, Cirebon

PKTQ Jakarta
Anamfal Jakarta @Pondok Indah Office Tower 2, Lt. 15 
Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta Selatan

WA CS :  +62899-5625-137 
Email: info.pktq@gmail.com 
Web : pktqlibrary.anamfalpesantren.com
pktq.anamfalpesantren.com

PKTQ Central Library - المكتبة المركزية

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *